Yang Termasuk Rukun Asuransi Syariah Adalah

Mending Ikut Asuransi Syariah atau Jadi Penjudi? Ini Dia Jawabannya!

Halo semua! Nah, gue mau ngebahas nih tentang asuransi syariah. Gue yakin banyak di antara kalian yang bingung, apa sih bedanya asuransi konvensional sama asuransi syariah? Gimana caranya supaya kita bisa tahu mana yang lebih menguntungkan? Yuk, simak penjelasan gue di bawah ini!

Gambar 1: Dari Pernyataan Tersebut Yang Termasuk Rukun Asuransi Syariah Adalah

Jadi, sebelum kita mulai membahas asuransi syariah, mari kita lihat dulu gambar pertama di atas. Yang pertama, ada sebuah gambar yang menunjukkan sebuah layar ponsel dengan judul artikel tentang cara cek saldo asuransi AIA. Nah, dari judul ini kita bisa tahu bahwa salah satu perluasan rukun asuransi syariah adalah adanya investasi. Kenapa? Karena kita perlu melihat berapa banyak kita sudah investasi, supaya kita bisa tahu berapa besar nanti kita akan dapat jika terjadi musibah.

Gambar kedua menunjukkan seorang wanita yang sedang mengamati polis asuransi. Nah, dari polis ini kita bisa tahu ada beberapa perluasan lain yang termasuk dalam rukun asuransi syariah, seperti kebebasan memilih portofolio, bank penampungan uang asuransi, dan keuntungan yang diberikan kebalikan dari asuransi tradisional.

Gambar 2: Dari Pernyataan Tersebut Yang Termasuk Rukun Asuransi Syariah Adalah

Nah, selain kedua gambar tadi, kita juga lihat gambar ini. Ada seorang pria yang sedang mendiang dua koin, nih. Nah, dari situ kita bisa tahu bahwa asuransi syariah itu menganut prinsip keadilan. Maksudnya, jika terjadi musibah, maka kita akan dibayar sesuai dengan aktuaria. Artinya, kalau kita bernilai tinggi, maka kita akan dibayar tinggi pula, kalau kita bernilai rendah, maka kita akan dibayar rendah pula.

Apa Itu Asuransi Syariah?

Hayooo, ada yang masih bingung apa itu asuransi syariah? Oke, simak penjelasan berikut ini. Secara umum, asuransi syariah adalah suatu mekanisme pengumpulan dana secara bersama-sama untuk menghadapi kemungkinan kerugian. Nah, ada dua jenis asuransi, yaitu asuransi konvensional dan asuransi syariah. Asuransi konvensional adalah jenis asuransi yang menawarkan perlindungan atas risiko dengan memberikan polis kerugian kepada pihak asuransi. Sedangkan asuransi syariah merupakan polis yang dibuat berdasarkan syariat Islam.

Mengapa Memilih Asuransi Syariah?

Setelah tahu apa itu asuransi syariah, pasti muncul pertanyaan, mengapa kita harus memilih asuransi syariah? Nah, ini dia beberapa alasan kenapa kita harus memilih asuransi syariah:

1. Prinsip Keadilan

Dalam asuransi syariah, semuanya dilakukan berdasarkan prinsip keadilan. Maksudnya, jika terjadi musibah, maka semua pihak akan dibayar sesuai dengan aktuaria. Jadi, semuanya akan dibayar dengan adil dan tidak ada yang dirugikan.

2. Menghindari Ribah

Salah satu prinsip utama asuransi syariah adalah menghindari ribah atau bunga. Kenapa? Karena bunga dianggap sebagai haram dalam Islam. Maka, semua bentuk transaksi harus sejalan dengan syariat Islam, termasuk dalam hal ini asuransi syariah.

3. Investasi

Salah satu aspek penting dalam asuransi syariah adalah adanya investasi. Jadi, ketika kita membayar premi asuransi, sebagian dari uang itu akan diinvestasikan oleh perusahaan asuransi. Adanya investasi ini bertujuan untuk memperbesar dana yang kita setor dan memperkecil risiko.

4. Adanya Profit Sharing

Selain investasi, asuransi syariah juga memberikan profit sharing. Maksudnya, jika perusahaan asuransi mendapatkan keuntungan dari investasi ini, maka keuntungan tersebut akan dibagi dengan semua pelanggan. Jadi, kita bisa mendapatkan profit yang lebih banyak dari premi yang sudah kita bayar.

Kapan Kita Harus Ikut Asuransi Syariah?

Mari kita bahas kapan kita harus ikut asuransi syariah. Nah, ada beberapa momen atau situasi yang sebaiknya kita ikut asuransi syariah, antara lain:

1. Menikah

Saat kita menikah, pastinya kita ingin melindungi orang yang kita cintai dari kemungkinan terburuk. Nah, salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan ikut asuransi syariah. Dengan begitu, pasangan kita akan bisa terlindungi jika terjadi sesuatu yang tak terduga.

2. Berbisnis

Jika kita berbisnis, ada banyak risiko yang bisa terjadi, seperti kerugian akibat bencana alam atau pencurian. Nah, dengan ikut asuransi syariah, kita bisa mendapatkan perlindungan atas semua risiko tersebut. Sehingga, meskipun terjadi kerugian, kita tetap bisa bangkit dan kembali berbisnis.

3. Mempersiapkan Masa Depan

Saat kita ingin mempersiapkan masa depan, salah satu hal yang harus kita perhatikan adalah keuangan. Keuangan yang baik akan membuat kita merasa tenang dan nyaman dalam menjalani hidup. Nah, dengan ikut asuransi syariah, kita bisa mempersiapkan masa depan kita dalam hal finansial, dan menjamin kesejahteraan keluarga kita.

Dimana Bisa Mendaftar Asuransi Syariah?

Mungkin banyak dari kalian yang bingung, dimana sih kita bisa mendaftar asuransi syariah? Nah, jangan khawatir. Sekarang ini, ada banyak perusahaan asuransi syariah yang bisa kita pilih. Beberapa perusahaan terbesar di Indonesia antara lain AIA, Takaful, dan Prudential Syariah. Tinggal pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kalian.

Kelebihan Asuransi Syariah

Oke, setelah tahu apa itu asuransi syariah, mengapa kita harus memilih asuransi syariah, dan dimana kita bisa mendaftar asuransi syariah, sekarang kita bahas kelebihan-kelebihan dari asuransi syariah. Beberapa kelebihan asuransi syariah adalah sebagai berikut:

1. Menghindari Hal-hal yang Haram

Salah satu kelebihan utama dari asuransi syariah adalah kita bisa menghindari segala hal yang haram dalam Islam. Maksudnya, kita bisa terhindar dari ribah, judi, dan spekulasi yang tidak beretika, dan tetap melindungi diri dan keluarga kita dari berbagai risiko.

2. Prinsip Keadilan

Kelebihan lain dari asuransi syariah adalah prinsip keadilan yang dijunjung tinggi. Semua pihak akan dibayar sesuai dengan aktuaria, sehingga tidak ada pihak yang dirugikan.

3. Profit Sharing

Dalam asuransi syariah, ada profit sharing. Artinya, jika perusahaan asuransi mendapatkan keuntungan dari investasi, maka keuntungan tersebut akan dibagi dengan semua pelanggan. Jadi, kita bisa mendapatkan keuntungan tambahan dari uang yang sudah kita setor.

4. Adanya Investasi

Salah satu kelebihan asuransi syariah adalah adanya investasi. Dengan investasi ini, kita bisa memperbesar dana yang kita setor dan memperkecil risiko. Selain itu, adanya investasi ini juga bisa memperbesar kesempatan kita untuk mendapatkan keuntungan tambahan.

Kekurangan Asuransi Syariah

Tidak hanya kelebihannya saja yang harus kita perhatikan, kita juga harus tahu kekurangan-kekurangan dari asuransi syariah. Beberapa kekurangan asuransi syariah adalah sebagai berikut:

1. Pertanggungan Hidup Lebih Mahal

Salah satu kekurangan asuransi syariah adalah pertanggungan hidup yang lebih mahal. Hal ini disebabkan karena asuransi syariah mengutamakan prinsip keadilan, sehingga semua pihak dibayar sesuai dengan aktuaria. Maka, semakin besar usia atau sehat kita, maka semakin tinggi juga premi yang harus dibayar.

2. Lebih Besar Nilai Premi

Kelemahan lainnya dari asuransi syariah adalah nilainya lebih besar dari asuransi konvensional. Hal ini disebabkan oleh adanya profit sharing, investasi, dan prinsip keadilan yang dijunjung tinggi. Maka, jika kita tidak membutuhkan ketiga faktor tersebut, maka sebaiknya kita memilih asuransi konvensional.

3. Syarat dan Ketentuan yang Lebih Ketat

Kelemahan terakhir dari asuransi syariah adalah syarat dan ketentuan yang lebih ketat. Hal ini disebabkan karena asuransi syariah diatur oleh hukum Islam, sehingga semua bentuk transaksi harus sejalan dengan hal tersebut. Maka, jika kita tidak ingin repot-repot dengan persyaratan yang ketat, maka sebaiknya kita memilih asuransi konvensional.

Bagaimana Caranya Mengajukan Klaim Asuransi Syariah?

Nah, setelah tahu kelebihan dan kekurangan asuransi syariah, selanjutnya kita bahas cara mengajukan klaim asuransi syariah.

1. Kumpulkan Bukti

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengumpulkan bukti-bukti yang menunjukkan bahwa kita memang memiliki polis asuransi dan telah terjadi musibah yang tercakup dalam polis tersebut. Bukti-bukti yang bisa kita siapkan antara lain adalah polis asuransi, paspor, surat keterangan kematian (jika terjadi pada jenazah), dan lain-lain.

2. Menghubungi Perusahaan Asuransi Syariah

Setelah mengumpulkan bukti, selanjutnya kita harus menghubungi perusahaan asuransi syariah yang kita pilih. Jangan lupa siapkan nomor polis asuransi kita, jenis klaim yang kita ajukan, dan juga bukti-bukti yang telah kita siapkan sebelumnya.

3. Menunggu Proses Verifikasi

Setelah data kita sudah dimasukkan ke dalam sistem oleh perusahaan asuransi syariah, selanjutnya kita hanya perlu menunggu proses verifikasi. Biasanya perusahaan asuransi akan menghubungi kita secara langsung untuk melakukan verifikasi, dan meminta dokumen-dokumen yang lebih diperlukan.

4. Menerima Uang Klaim

Jika semuanya sudah lengkap dan valid, maka kita akan mendapatkan uang klaim dari perusahaan asuransi. Uang tersebut bisa kita gunakan untuk membayar biaya-biaya yang timbul akibat musibah yang terjadi.

Berapa Biaya yang Harus Dikeluarkan untuk Asuransi Syariah?

Nah, setelah tahu cara mengajukan klaim asuransi syariah, kita juga harus tahu berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli asuransi syariah. Nah, berapa sih jumlah premi yang harus kita bayar? Jangan khawatir, premi yang harus kita bayar akan disesuaikan dengan risiko yang kita hadapi. Jadi, semakin besar risikonya, maka premi yang harus kita bayar akan semakin besar juga.

Kesimpulan

Jadi, setelah membaca artikel ini, pasti kalian sudah tahu kan kenapa asuransi syariah itu penting, dan apa saja kelebihan dan kekurangannya? Jika kalian memerlukan perlindungan dari musibah, dan ingin terlindungi dari hal-hal yang haram dalam Islam, maka kalian bisa memilih asuransi syariah. Namun, jika kalian merasa tidak membutuhkan fitur-fitur tersebut, atau merasa kesulitan dengan syarat dan ketentuan yang ketat, maka kalian bisa memilih asuransi konvensional. Ingat, asuransi ada untuk melindungi kita dari kemungkinan terburuk, sehingga kita bisa hidup dengan tenang dan nyaman.

Pinjol

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Yang Termasuk Rukun Asuransi Syariah Adalah yang dipublish pada di website Pinjol

Artikel Terkait