pegadaian logo

Tabel Pinjaman Pegadaian

Apabila berbicara mengenai pinjaman yang disediakan oleh BUMN memang tidak bisa lepas dari tabel pinjaman Pegadaian. Pegadaian memang salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bisa menghadirkan opsi pinjaman berkala bagi masyarakat Indonesia. Tentunya, dalam mengajukan pada Pegadaian kita juga perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai tabel pinjaman yang mereka miliki.

Sebelumnya memang perusahaan ini terkenal sebagai badan usaha yang khusus bergerak pada pinjaman dengan jaminan aset berharga. Dengan menggunakan Pegadaian kita dapat melakukan pinjaman uang dengan cara menggadaikan aset maupun benda berharga yang kita miliki.

Beberapa aset berharga tersebut bisa berupa perhiasan, alat elektronik, kendaraan bermotor,  hingga surat kepemilikan aset tertentu. Tentu saja keunggulan dari Pegadaian adalah pada sektor keamanan dan legalitasnya yang sudah bisa kita pastikan terjamin.

Pegadaian

Pada beberapa kesempatan, masyarakat memang akan cenderung untuk melakukan gadai aset mereka seperti BPKB Mobil atau Surat Tanah mereka pada Pegadaian. Selain aman, jaminan dan klausul yang ada pada Pegadaian memang cukup adil.

Dengan begitu kita tidak perlu khawatir akan adanya keputusan yang akan memberatkan salah satu pihak saja. Pasalnya Pegadaian memang tidak akan pernah melakukan berbagai macam aktivitas secara asal – asalan. Berbeda dengan beberapa pegadaian swasta yang sering abal – abal.

Syarat Pengajuan Pinjaman Pegadaian

Dalam pengajuan pinjaman pada Pegadaian, tentunya ada beberapa persyaratan yang harus kita penuhi. Poin – poin persyaratan tersebut bisa Anda simak pada penjelasan di bawah ini.

Sebagai contoh, mari kita simulasikan jika Anda ingin melakukan gadai pinjaman menggunakan BPKB Mobil Anda sebagai jaminannya.

  • Warga Negara Indonesia : Status kewarganegaraan Anda harus sebagai WNI. Pegadaian belum bisa mengakomodir pinjaman dari WNA.
  • Usia : Batas bawah usia yang boleh melakukan pengajuan pinjaman adalah 21 tahun, sedangkan batas atasnya adalah 60 tahun.
  • Pekerjaan : Status pekerjaan Anda harus tetap dengan kurun waktu setidaknya minimal 1 tahun. Apabila Anda seorang wiraswasta maka Anda harus menyertakan berkas SIUP atau NPWP.
  • Foto : Siapkan pula foto Anda dengan format pakaian formal.
  • Kartu Identitas : Sertakan KTP asli beserta fotokopinya, apabila Anda sudah menikah maka sertakan pula KTP pasangan Anda. 
  • Kartu Keluarga :  Asli dan fotokopi.
  • STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) : STNK asli dan fotokopi kendaraan yang ingin Anda gadaikan. 
  • BPKB : BPKB asli dan fotokopi.
  • Foto Kendaraan : Sertakan foto secara jelas.
  • Foto Lokasi Pekerjaan : Sertakan pula foto tempat kerja Anda secara jelas. 

Baca juga: Tabel Angsuran Pinjaman Bank BKK

Proses Pengajuan Gadai pada Pegadaian

Dalam pengajuan pinjaman pada Pegadaian, ada proses dan tata cara yang bisa Anda ikuti secara mudah. Dengan Begitu Anda tidak perlu lagi kebingungan harus memulai dari mana jika ingin melakukan pengajuan pinjaman pada Pegadaian. 

  1. Menyiapkan Persyaratan

Seperti yang telah kami perjelas pada bagian sebelumnya, Anda perlu terlebih dahulu mempersiapkan seluruh persyaratan sebelum mengajukan pinjaman. Siapkan berkas – berkas terkait dengan jaminan yang ingin Anda gadaikan. 

Sertakan juga foto dan kartu identitas beserta semua fotocopynya secara lengkap. Karena masih banyak orang yang gagal mengajukan gadai hanya karena foto yang kurang jelas dan berkas yang kurang lengkap.

Hal tersebut tentu akan sangat merepotkan karena Anda harus bolak – balik memakan waktu dan biaya. 

  1. Mempelajari Tenor

Hampir sama dengan proses pinjaman kredit lain, Pegadaian juga memiliki jatuh tempo dan tenor pada masing – masing pinjamannya. Silahkan Anda pelajari mengenai hal tersebut  pada saat melihat tabel pinjaman Pegadaian. Anda juga bisa menanyakan hal tersebut pada para CS yang ada pada Pegadaian. 

  1. Menyerahkan Dokumen dan Persyaratan

Langkah selanjutnya Anda hanya perlu mengunjungi gerai Pegadaian terdekat dari tempat Anda tinggal. Selanjutnya Anda serahkan semua dokumen yang telah Anda siapkan.

Pada beberapa kesempatan mungkin ada penyesuaian persyaratan tergantung pada jaminan yang ingin Anda serahkan, ataupun perubahan aturan yang berlaku di Pegadian. 

  1. Proses Kalkulasi Pinjaman

Apabila semua berkas Anda telah diterima, maka akan ada proses perhitungan nilai jaminan. Pihak dari Pegadaian akan melakukan kalkulasi terhadap semua berkas dan jaminan yang Anda serahkan. 

Dari proses tersebut, mereka akan menaksir nilai jaminan dan menyesuaikannya dengan jumlah pinjaman yang ingin Anda inginkan. Pihak Pegadaian juga akan menyediakan formulir yang harus Anda isi. Isilah formulir tersebut dengan data yang sebenar – benarnya agar tidak memberatkan Anda di kemudian harinya.

  1. Penerbitan SBK (Surat Bukti Kredit)

Apabila taksiran dari Pegadaian telah Anda sepakati, maka Anda bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya. Selanjutnya akan ada penerbitan SBK (Surat Bukti Kredit) untuk menandakan penerbitan kredit tersebut.

Surat ini juga menjadi semaca, surat perjanjian antara Anda dengan pihak Pegadaian. Silahkan Anda baca dengan seksama dan pahami betul semua pasal dan klausul yang ada di dalamnya. Jangan sampai Anda asal menandatangani saja tanpa memahami maksudnya.

Apabila terdapat beberapa poin yang Anda bingungkan Anda bisa bertanya langsung pada CS yang ada di Pegadaian. Setelah itu Anda bisa menandatangani surat tersebut untuk mengesahkan SBK.

  1. Pencairan Dana

Tahap selanjutnya adalah pencairan dana, fase yang mungkin paling ditunggu oleh para debitur. Dana akan Anda terima secara langsung di tempat, beserta bukti penyerahan dana berupa kuitansi. 

Namun ada biaya administrasi sebesar 10% pada transaksi ini, jadi Anda harus memperhatikan hal ini pula saat ingin melakukan pengajuan pinjaman di Pegadaian.

Tabel Pinjaman Pegadaian Tahun 2022

Untuk membantu Anda sebelum melakukan sebuah keputusan finansial pada pinjaman Pegadaian, Anda tentu perlu harus mengetahui tabel pinjaman Pegadaian terlebih dahulu.

Dengan tabel tersebut Anda bisa melakukan proyeksi angsuran sesuai dengan tenor dan dana yang ingin Anda pinjam. 

Pada tabel di atas juga telah dijelaskan bahwa suku bunga yang mereka tawarkan sangat rendah yaitu hanya 1% per bulannya. Selain itu ada pula promosi mengenai pembelian emas di Pegadaian.

Kelebihan dan Kekurangan Gadai Kendaraan

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang ada pada Pegadaian jika kita bandingkan secara langsung dengan beberapa jenis penyedia layanan kredit lainnya, antara lain adalah sebagai berikut.

Barang Gadai Terjamin

Pegadaian berada langsung di bawah pengawasan negara, sudah ada sejak lama pula. Jadi keamanan aset yang kita serahkan pada mereka sudah terjamin. Ada pula garansi bila memang aset Anda rusak atau hilang bila memang ada sesuatu hal tidak terduga yang terjadi pada Pegadaian.

Persyaratan Mudah dan Gampang

Pegadaian sebenarnya tidak mengharuskan para peminjamnya memenuhi persyaratan yang rumit. Poin persyaratan mereka cukup mudah didapatkan dan tidak akan memberatkan Anda sebagai peminjam.

Proses Cepat dan Singkat

Proses pencairan dana sangat singkat dan tunai langsung tanpa dicicil. Anda bisa mendapatkan dana yang Anda inginkan di hari yang sama ketika Anda melakukan pengajuan. 

Tentu saja  persyaratannya harus sudah Anda siapkan terlebih dahulu. 

Pemberian Masa Tenggang

Akan ada masa tenggang yang akan diberikan oleh pihak Pegadaian bagi Anda dalam melakukan pelunasan pinjaman Anda. Apabila Anda tidak berhasil melakukan pelunasan, maka konsekuensinya adalah aset Anda akan disita dan dilelang.

Anda tidak perlu khawatir karena Pegadaian tentu akan melakukan update informasi sebelum melakukan penyitaan dan pelelangan jauh sebelum masa jatuh tempo terakhir terjadi. 

Penutup

Dalam melakukan keputusan finansial, pastikan Anda memang telah melakukan edukasi diri mengenai keputusan yang ingin Anda ambil secara maksimal. Dengan mengetahui tabel pinjaman Pegadaian, maka Anda dapat secara seksama melakukan penilaian mengenai keputusan yang ingin Anda ambil untuk masa depan Anda.

Semoga informasi tersebut di atas dapat menjadi pedoman sebelum Anda melakukan pengajuan pinjaman pada Pegadaian.

Tia

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Tabel Pinjaman Pegadaian yang dipublish pada di website Pinjol

Artikel Terkait