Cara Transfer Shopeepay ke Shopeepay

Cara Transfer Shopeepay ke Shopeepay

Cara transfer ShopeePay ke ShopeePay pengguna lain sebenarnya dapat Anda lakukan dengan sangat mudah. Aplikasi Shopee sendiri sudah banyak memberikan kemudahan untuk para penggunanya agar mereka dapat memanfaatkan berbagai macam fitur termasuk di dalamnya adalah uang digital bernama ShopeePay.

Bagi para pengguna aplikasi Shopee mungkin sudah tidak asing lagi dengan ShopeePay, fitur ini merupakan layanan dompet digital yang sudah tersedia pada aplikasi Shopee. Dompet digital ShopeePay dapat Anda gunakan untuk melakukan berbagai macam transaksi online baik menggunakan aplikasi ataupun website Shopee. 

Dengan memanfaatkan ShopeePay kita juga bisa melakukan top up saldo hingga bahkan transfer pembayaran, serta menarik saldo ke rekening bank Anda. Transaksi uang digital secara online ini sebenarnya juga dapat Anda lakukan di luar Shopee. 

Anda bisa melakukan pembayaran seperti pada aplikasi ataupun website Merchant lain yang sudah bekerja sama dengan Shopee. Selain online, Anda juga berkesempatan melakukan berbagai macam transaksi offline dengan merchant yang memang bisa menerima pembayaran melalui QRIS dan ShopeePay .

Keuntungan Menggunakan Layanan ShopeePay

Ada banyak alasan yang dapat membuat orang pada zaman yang semakin maju ini lebih memilih menggunakan E-Wallet, seperti ShopeePay, DANA, maupun yang lainnya. Salah satunya adalah karena saldo pada E-Wallet seperti Shopee tidak akan terkena biaya admin bulanan, tidak seperti saldo pada rekening bank pada umumnya.

Selain itu saat melakukan transfer saldo antar ShopeePay maupun beberapa rekening jenis lain, maka kita bisa melakukan transfer tanpa adanya biaya admin. Berbeda ketika kita hendak melakukan transfer dari satu bank menuju jenis rekening bank lain, biasanya kita akan menanggung biaya admin sebesar 6500 rupiah yang tentunya akan sangat memberatkan.

Selain itu ShopeePay juga bisa Anda gunakan untuk membayar beberapa kebutuhan rumah tangga seperti tagihan listrik prabayar, listrik pascabayar, iuran BPJS bulanan, bayar tagihan wifi, membeli makanan, melakukan pemesanan tiket bioskop, dan masih banyak lagi.

Dengan hanya menggunakan satu aplikasi saja Anda bisa menikmati semua layanan yang ada pada ShopeePay.

Satu hal yang harus Anda pahami adalah setiap pengguna ShopeePay wajib melakukan aktivasi akun terlebih dahulu menggunakan nomor telepon masing – masing. Hal ini merupakan salah satu upaya Shopee dalam melakukan verifikasi data pengguna, agar teknologi finansial mereka tidak digunakan oleh sembarang orang. 

Agar sesama pengguna dapat menikmati semua fitur ShopeePay termasuk melakukan transfer saldo dari ShopeePay akun Anda ke ShopeePay orang lain maka persyaratan yang harus Anda penuhi sangat mudah, yakni cukup menggunakan KTP saja. 

Cara aktivasi akun ShopeePay dengan menggunakan KTP sangatlah mudah, pada halaman aktivasi akun ShopeePay,  Anda cukup menyiapkan data diri berupa e-KTP dan melakukan selfie diri Anda sambil memegang KTP. Jika Anda sudah melakukan foto sesuai dengan petunjuk maka setelah Anda menunggu beberapa saat, akun Shopee Anda secara otomatis akan teraktivasi. Setelahnya Anda akan dapat melakukan transfer saldo ke pengguna lainnya.

Cara Transfer Shopeepay ke Shopeepay Pengguna Lain

Apabila Anda sudah memastikan bahwa akun Anda sudah teraktivasi, maka hal kedua yang harus Anda pastikan sebelum Anda melakukan transfer ke sesama pengguna ShopeePay adalah jumlah saldo Anda lebih dari cukup dengan minimal transfer yang berlaku.

Apabila kedua hal tersebut sudah Anda penuhi maka silahkan Anda ikuti cara-cara berikut yang sudah kami lansir dari laman resmi Shopee.

1. Buka Aplikasi Shopee

Yang pertama Anda cukup membuka aplikasi Shopee melalui smartphone Anda. Kemudian Anda pilih menu “Saya” yang ada di bagian bawah kanan aplikasi.

2. Pilih Menu ShopeePay

Kemudian setelah muncul tampilan utama menu Shopeepay, maka Anda lanjutkan dengan pilih menu “Transfer”. Setelah itu silahkan Anda tinggal pilih saja “Ke Pengguna Shopee”.

3. Masukkan Data Tujuan 

Apabila sudah selesai maka Anda lanjutkan dengan tahap melengkapi semua data tujuan, mulai dari memasukkan nama pengguna akun Shopee yang akan Anda kirim. Perhatikan bahwa pada bagian ini Anda cukup memasukkan data pada kolom tersebut berupa “Nomor Handphone”, “Nama Kontak”, ataupun “Username” akun penerima dari akun ShopeePay tujuan pengiriman Anda.

4. Masukkan Nominal Transfer

Langkah selanjutnya adalah Anda akan dihadapkan pada form nama yang akan Anda tuju. Silahkan Anda memasukkan jumlah nominal transfer saldo ShopeePay yang ingin Anda kirimkan. Perlu Anda ingat jika Anda menghendaki melakukan pengiriman dengan nominal transfer di atas Rp2.000.000 maka Anda akan dihadapkan pada tahap tambahan berupa pengiriman Kode Verifikasi (OTP). Setelahnya silahkan Anda klik “Konfirmasi”.

5. Masukkan PIN

Langkah terakhir cukup mudah, Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi transfer dengan cara memasukkan 6 digit angka PIN Shopepay yang Anda miliki. Anda dapat juga menggunakan sidik jari serta Face ID untuk masing – masing fitur yang ada pada Android maupun iOS.

6. Selesai

Jika Anda sudah melakukan dengan benar sesuai dengan petunjuk yang ada diatas maka transfer sudah berhasil Anda lakukan. Pada layar Anda juga akan tertera semua rincian mulai dari nominal transfer. Selain itu dari pihak penerima juga seharusnya akan mendapatkan pemberitahuan notifikasi pada aplikasi Shopee mereka.

Cara Transfer ke Sesama ShopeePay dengan Fitur Chat Shopee

  1. SIlahkan Anda buka terlebih dahulu aplikasi Shopee Anda.
  2. Kemudian silahkan Anda akses Chat dengan pergi ke halaman “Fitur Chat” yang terdapat di bagian atas kanan aplikasi Shopee Anda.
  3. Setelah itu Anda bisa memilih Nama Kontak atau cukup dengan Username pengguna Shopee yang akan menerima saldo ShopeePay yang akan Anda transfer.
  4. Lalu Anda tinggal klik tanda ‘+” pada bagian bawah layar Shopee.
  5. Setelah itu silahkan Anda pilih menu “Transfer ShopeePay”.
  6. Kemudian Anda tinggal memasukkan jumlah nominal transfer saldo ShopeePay yang Anda inginkan.
  7. Setelah itu Anda klik “Konfirmasi” atau klik “Lanjutkan.”
  8. Kemudian Anda klik “Transfer Sekarang”
  9. Lalu untuk melakukan verifikasi proses transfer maka silahkan Anda masukkan PIN ShopeePay Anda, apabila smartphone Anda memadai maka Anda bisa menggunakan sidik jari maupun Face ID untuk iOS maupun Android.
  10. Setelah transfer Anda berhasil, Anda juga akan mendapatkan notifikasi dan Rincian Transfer. Serta penerima dari saldo ShopeePay Anda juga akan mendapatkan notifikasi.

Cara Meminta Saldo ShopeePay dari Sesama Pengguna ShopeePay

Cara ketiga dalam transfer ShopeePay adalah meminta saldo dari pengguna ShopeePay lain.

  1. Pada halaman utama aplikasi silahkan Anda klik menu ShopeePay.
  2. Kemudian Anda klik menu “Minta Dana”.
  3. Maka pada layar Anda akan muncul kode QR Shopeepay Anda untuk di-scan.
  4. Silahkan Anda lakukan scan kode QR penerima pada aplikasi Shopee pengirim. Apabila pengirim tidak berada di tempat yang sama maka Anda dapat membagikan gambar kode QR Anda dengan memilih Share Kode QR.
  5. Setelah pengirim melakukan scan, ia dapat memasukkan nominal dan memasukkan PIN ShopeePay.
  6. Selesai, saldo ShopeePay akan terkirim secara otomatis.

Penutup

Itulah beberapa cara dalam melakukan transfer saldo ShopeePay ke ShopeePay orang lain, mulai dari melalui nomor telepon, chat, hingga menggunakan kode QR penerima. Ketiga cara tersebut bisa Anda lakukan dengan mudah dan praktis hanya dengan memanfaatkan smartphone saja. Semoga artikel ini dapat berguna bagi Anda yang ingin melakukan transaksi menggunakan ShopeePay, selamat mencoba.

Tia

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cara Transfer Shopeepay ke Shopeepay yang dipublish pada di website Pinjol

Artikel Terkait