cara transfer shopeepay ke bank

Cara Transfer ShopeePay ke Bank

Cara transfer ShopeePay ke bank adalah salah satu fitur yang harus Anda kuasai apabila ingin melakukan berbagai macam transaksi menggunakan dompet digital yang terdapat pada aplikasi Shopee.

Bagi Anda yang merupakan pengguna setia dari aplikasi belanja online Shopee tentunya akan sering menghadapi berbagai macam kegiatan finansial yang harus menggunakan ShopeePay sebagai uang elektronik. 

Apabila Anda memang sering menggunakan ShopeePay maka mungkin terkadang Anda juga harus melakukan transfer dari ShopeePay menuju ke rekening bank tertentu.

ShopeePay

ShopeePay adalah sebuah layanan berupa dompet digital dan uang elektronik yang terdapat pada aplikasi belanja Shopee. Dompet elektronik ShopeePay memang bisa Anda gunakan dalam berbagai macam bentuk transaksi pembelian dan pembayaran yang ada pada aplikasi Shopee.

Selain itu tentu saja Anda juga tetap bisa memanfaatkan pembayaran menggunakan ShopeePay pada berbagai macam restoran dan merchant yang memang sudah melakukan integrasi dengan ShopeePay.

Bagi Anda yang ingin memanfaatkan ShopeePay sebagai alat transfer uang memang mengharapkan agar transaksi Anda dapat dilakukan secara mudah dan cepat. Shopee juga telah mengakomodasi para pengguna dengan hanya perlu mengikuti beberapa persyaratan dan panduan yang cukup mudah.

Agar saldo di ShopeePay Anda dapat ditransfer pada rekening lain, maka Anda juga harus mengetahui beberapa persyaratan dan tata caranya terlebih dahulu. Aplikasi ini memang akan mendukung transfer Anda ke sesama pengguna Shopee, namun sebagai fitur tambahan mereka juga dapat digunakan untuk melakukan transfer menuju  rekening bank dan beberapa jenis dompet digital lain.

Yang membuat aplikasi ini lebih menarik lagi, Anda dapat mencairkan saldo ShopeePay Anda pada rekening bank jika memang Anda sedang membutuhkannya. Bagaimana cara transfer ShopeePay ke rekening bank secara praktis dan mudah akan kami bahas pada panduan berikut ini.

Cara Transfer ShopeePay ke Bank

Jika kita melansir dari situs resmi yang dimiliki oleh Shopee, maka kita akan dapat mengetahui bahwa untuk dapat melakukan transfer ShopeePay ke rekening bank maka Anda hanya perlu mempersiapkan langkah berikut ini.

  1. Yang pertama kali Anda harus lakukan adalah membuka aplikasi Shopee yang ada di smartphone Anda.
  2. Kemudian Anda pilih menu ShopeePay.
  3. Setelah itu Anda klik Transfer.
  4. Pada halaman menu Transfer, Anda bisa melakukan penarikan dana pada rekening pada menu Penarikan ke Rekening Bank.
  5. Kemudian Anda tinggal memasukkan jumlah dana yang ingin Anda transfer pada rekening bank Anda.
  6. Setelah itu Anda pilih Lanjutkan.
  7. Lalu Anda tinggal klik menu Transfer Sekarang.
  8. Selanjutnya Anda akan masuk pada halaman konfirmasi, pada tahap ini Anda akan diharuskan untuk memasukkan PIN ShopeePay yang Anda miliki sebagai proses validasi transaksi.
  9. Lalu Anda dapat melihat detail transaksi yang ada pada menu Transaksi Terakhir.
  10. Anda juga bisa memeriksa keberhasilan transaksi dengan cara cek mutasi pada rekening tujuan agar dapat memastikan bahwa saldo telah terkirim.

Cara tersebut diatas hanya berlaku apabila Anda sudah mendaftarkan rekening bank Anda pada aplikasi Shopee. Apabila Anda belum melakukannya maka silahkan lengkapi syarat yang ada di bawah ini.

Syarat-syarat Transfer ShopeePay ke Bank

Anda dapat melakukan transfer ShopeePay ke rekening Bank apabila Anda memang sudah melengkapi persyaratan yang ada di bawah ini:

  1. Anda harus sudah melakukan verifikasi KTP, dann menambahkan rekening bank yang terdapat pada halaman akun terlebih dahulu
  2. Transfer ShopeePay hanya bisa Anda lakukan pada tiga rekening bank yang memang sudah Anda daftarkan pada aplikasi Shopee Anda.
  3. Transfer yang sudah Anda lakukan tidak akan dapat Anda batalkan apabila Anda sudah melakukan Konfirmasi Transaksi dengan cara memasukan PIN ShopeePay yang Anda miliki.
  4. Jumlah minimal saldo ShopeePay yang bisa Anda transfer pada bank adalah sebesar Rp 5.000. Jadi pastikan bahwa saldo ShopeePay Anda memang sudah mencukupi minimal nominal transfer tersebut.

Biaya Administrasi Transfer ShopeePay ke Bank

Agar Anda dapat melakukan transfer dari dompet digital pada ShopeePay menuju ke rekening bank maka Anda harus menanggung beberapa opsi biaya administrasi. Berikut adalah rincian informasi untuk masing – masing biaya administrasi pada saat penarikan saldo ShopeePay pada beberapa rekening bank.

  1. Untuk penarikan dana yang nominalnya di bawah Rp50.000 pada bank BCA, BRI, BNI, Mandiri maka Anda akan menanggung biaya admin sebesar Rp3.000. 
  2. Untuk penarikan dana dengan nominal di atas Rp50.000 pada rekening bank BCA, BRI, BNI, Mandiri maka Anda akan dibebaskan dari biaya admin.
  3. Pada beberapa kali penarikan dana menuju rekening bank selain BCA, BRI, BNI, Bank Mandiri maka akan terkena biaya sebesar Rp3.000.
  4. Khusus untuk transfer dana pada rekening tujuan berupa SeaBank tidak akan dikenakan biaya administrasi untuk berapapun nominal yang ingin Anda tarik.

Waktu Operasional dan Durasi Transfer ke Tiap Bank

Durasi penarikan dana pada aplikasi Shopee akan memiliki beberapa perbedaan tergantung pada jam operasional, hari penarikan, serta akun bank yang Anda gunakan. Berikut informasi untuk waktu operasional tiap bank:

BankHari OperasionalWaktu Operasional
BCASenin – Minggu03.10 – 23.50 WIB
BRISenin – Minggu05.00 – 22.00 WIB
MandiriSenin – Minggu03.10 – 23.50 WIB
BNISenin – Minggu03.10 – 21.50 WIB
SeaBankSenin – MingguSepanjang hari
Bank lainnyaSenin – Jumat07.00 – 14.00 WIB

Terdapat beberapa catatan terkait waktu operasional dan durasi transfer ke tiap bank, sebagai berikut:

  • Untuk bank yang memang umum digunakan di Indonesia seperti BCA, BRI, Mandiri, & BNI, maka dan Anda akan dapat Anda diterima maksimal 1×24 jam. Namun tentu hal ini akan menyesuaikan dengan jam operasional yang ada pada bank tersebut masing – masing.
  • Jika transfer yang Anda lakukan memang berada pada selain jam operasional, maka transaksi Anda diproses pada hari berikutnya pada jam operasional berikutnya.
  • Untuk bank lainnya, maka dana yang Anda tarik akan bisa Anda dapatkan maksimal 1-7 hari kerja. 

Solusi akan Kendala saat Transfer ke Bank

Pada beberapa kesempatan mungkin Anda akan menghadapi beberapa kendala yang membuat Anda tidak akan dapat melakukan transfer ShopeePay menuju rekening bank. 

Penyebab umum dari keterlambatan penerimaan saldo uang ShopeePay biasanya adalah adanya kesalahan pengisian data pada informasi rekening bank akun Shopee Anda. 

Anda tidak perlu khawatir jika memang hal itu terjadi pada kasus Anda. Proses transfer secara otomatis akan terbatalkan dan Anda akan mendapatkan saldo Anda kembali pada akun ShopeePay Anda. 

Kami sarankan agar Anda melakukan pemeriksaan ulang pada akun Anda dan melakukan perubahan rekening bank ShopeePay dengan mengikuti langkah berikut: 

  1. Pertama buka Shopee dan klik Saya.
  2. Setelah itu Anda pilih menu ShopeePay.
  3. Klik icon gerigi yang merupakan menu pengaturan pada bagian pojok kanan atas .
  4. Lalu silahkan Anda klik Rekening Bank untuk ShopeePay. 
  5. Setelah itu Anda lakukan pemilihan rekening bank Anda, dan klik Hapus.
  6. Silahkan Anda masukkan kode verifikasi berupa angka PIN yang akan Anda terima pada SMS yang dikirimkan ke nomor handphone Anda.
  7. Klik Lanjut pada halaman berikutnya. 
  8. Setelah itu silahkan Anda klik Tambah Rekening Bank, masukkan semua detail mengenai rekening dengan informasi yang sesuai.
  9. Klik Lanjutkan.

Keuntungan menggunakan ShopeePay

Beberapa keuntungan yang bisa menjadi alasan kuat agar masyarakat lebih memilih menggunakan ShopeePay adalah sebagai berikut.

  • Saldo ShopeePay tidak akan mengenakan biaya admin bulanan pada Anda seperti layaknya biaya bulanan pada simpanan di rekening bank.
  • Saldo ShopeePay bisa Anda tarik dan Anda transfer pada beberapa bank lain dengan biaya admin yang jauh lebih rendah apabila Anda bandingkan dengan biaya admin bank pada umumnya yang biasanya sebesar 6500 rupiah.
  • Anda bisa melakukan pembayaran tagihan seperti listrik, iuran BPJS, internet, telepon, membayar berbagai macam kebutuhan belanja, membayar makanan, hingga kebutuhan hiburan seperti membeli tiket bioskop, dan masih banyak lagi.

Penutup

Demikian informasi mengenai cara transfer ShopeePay ke rekening bank yang dapat Anda lakukan secara mudah dan praktis hanya dengan menggunakan smartphone saja. Secara umum, cara yang ada pada ulasan berikut memang mudah dan praktis. Semoga Anda bisa menjadikan ulasan kami sebagai pedoman utama dalam melakukan transaksi pada ShopeePay, selamat mencoba.

Tia

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cara Transfer ShopeePay ke Bank yang dipublish pada di website Pinjol

Artikel Terkait