Cara Menawarkan Asuransi Kepada Orang

Keinginanku untuk hidup mapan seperti di dalam mimpi semakin terusik saat tadi pagi aku bertemu dengan seorang agen asuransi. Ya ampun, orang ini bener-bener bersemangat banget saat mengajakku berbicara tentang asuransi. Aku yang awalnya berpikir bakal mendapatkan senyuman dan sapaan hangat malah tertidur pulas dalam presentasi tentang asuransi ini.

Cara Prospek Asuransi Dengan Orang Yang Tidak Dikenal – Tips Cara

Seilah tidur pulas selama presentasi, aku sadar bahwa memang tidak mudah untuk menjadi seorang agen asuransi yang bersemangat. Ya, bersemangat sekali. Namun, aku juga sangat penasaran bagaimana sih caranya agar tergiur dengan asuransi ini tanpa harus dibuat tidur pulas seperti aku saat tadi?

Cara Prospek Asuransi Dengan Orang Yang Tidak Dikenal

Apa itu Asuransi?

Secara umum, asuransi dapat diartikan sebagai bentuk perjanjian keuangan antara pihak yang memiliki risiko dengan pihak lain yang bersedia membantu melindungi risiko tersebut. Ya, dalam kasus ini kita sebagai nasabah asuransi yang mengalami risiko dan perusahaan asuransi sebagai pihak yang membantu melindungi.

Mengapa Memiliki Asuransi Penting?

Siapa yang tidak ingin terjamin terhadap semua risiko yang mungkin terjadi? Yup, inilah pentingnya memiliki asuransi. Kita tak pernah tahu apa yang terjadi pada hidup kita, apa yang akan terjadi esok maupun 10 tahun ke depan. Maka dari itu, dengan adanya asuransi, kita akan merasa tenang dan terjamin saat menghadapi risiko yang terjadi.

Kapan Memiliki Asuransi?

Tidak harus menunggu pada saat kita mengalami sesuatu yang buruk baru kita memikirkan asuransi. Alih-alih itu, sejak usia produktif lah kita sudah seharusnya memiliki asuransi. Mengapa? Yaaaaa, ilustrasi sederhana saja, saat kita sakit maka kita butuh obat, punya obat butuh uang, punya uang tapi tidak cukup dan itu akan mengganggu kehidupan sehari-hari. Yak, maka itu, penting bagi kita untuk memiliki asuransi.

Dimana Mendapatkan Asuransi?

Nah, ini dia, kalau di mana sudah jelas banget, yaitu di perusahaan-perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Sehingga jangan ragu-ragu mencari dan memilih perusahaan asuransi yang cocok dan hati-hati dalam memilih, ya!

Kelebihan Asuransi

  • Proteksi terhadap risiko yang mungkin terjadi pada hidup kita
  • Memiliki cash value, sama seperti sistem investasi.
  • Adanya perlindungan yang menyeluruh terhadap kehidupan kita.
  • Memberikan ketenangan dan kepastian.

Kekurangan Asuransi

  • Akad Asuransi masih memiliki termonologi yang sulit dipahami, kompleks
  • Proses klaim yang lambat dapat membuat kita merasa tidak nyaman

Bagaimana Cara Mendapatkan Asuransi?

Usai menilai dari segi kelebihan dan kekurangan, sekarang saatnya membahas bagaimana mendapatkan asuransi. Memang sebenarnya cukup mudah untuk mendapatkan asuransi. Kita bisa mencarinya di perusahaan asuransi yang sudah terkenal atau diminta kepada agen asuransi yang terpercaya.

Ada beberapa langkah yang harus kita lalui, antara lain:

  1. Mencari informasi tentang produk asuransi yang cocok untuk kita
  2. Melakukan peninjauan dan kuisioner dari agen asuransi
  3. Menentukan jenis asuransi yang kita pilih
  4. Menentukan jumlah premi dan modal kami
  5. Melakukan pembayaran dan kami menjadi nasabah asuransi

Bagaimana Cara Menggunakan Asuransi?

Nah, kalau untuk ini, tentu kita harus lebih dulu memahami ketentuan-ketentuan yang berlaku di dalam Perjanjian Asuransi yang kita miliki. Syarat dan ketentuan dari produk asuransi akan berbeda-beda sesuai dengan jenis asuransi yang kita miliki. Namun, kita bisa menyimak 3 cara umum yang ada pada asuransi kita, yaitu:

  • Melakukan klaim dan mendapatkan dana yang kita butuhkan
  • Mencairkan tabungan yang sudah terkumpul pada asuransi
  • Melakukan re–invest atau membeli produk asuransi lain

Berapa Biaya Untuk Mendapatkan Asuransi?

Harga produk asuransi sangat bervariasi, tergantung jenis dan jumlah perlindungan yang kita butuhkan. Namun, cukup pastikan bahwa kita tidak membeli produk asuransi tanpa memperhitungkan anggaran keuangan dan kemampuan kita sendiri ya.

Cara Berbicara Menawarkan Produk Ke Konsumen

Cara Berbicara Menawarkan Produk Ke Konsumen

Apa lagi kalau bukan soal bagaimana cara marketing dari produk asuransi yang dijual. Nah, berikut ini adalah beberapa tips marketing yang teruji, ya!

Ceritakan Kisah Mengenai Perkembangan Bisnis

Bicarakanlah bagaimana orang lain yang memiliki bisnis telah sukses dengan adanya asuransi di dalam bisnis mereka. Dengan begitu, calon nasabah akan merasa bahwa asuransi yang ditawarkan adalah langkah bijak dalam menjalankan bisnis.

Gunakan Perasaan Yang Kekeluargaan

Sebagai sekelompok manusia, emosi adalah bagian yang sangat penting. Bahkan, kalau sepatah kata bisa membangun percaya diri, banyak katanya bisa menjual produk. Oleh karenanya, gunakan pendekatan yang lembut dan dalam, seakan-akan memberikan “parenting” pada calon nasabah.

Gunakan Analisa Kasar

Setiap calon nasabah memiliki kecenderungan untuk memperhitungkan apakah asuransi yang ditawarkan akan cocok dengan anggaran keuangan yang mereka miliki. Oleh karenanya, sebagai seorang agen asuransi kamu juga perlu membantu mereka menghitung perkiraan dana yang kan dibutuhkan untuk produk asuransi yang ditawarkan dan pastikan tidak melebihi dari anggaran yang tersedia.

Tanyakan Pertanyaan Yang Spesifik

Salah satu teknik pitching yang baik adalah menanyakan pertanyaan spesifik kepada calon nasabah. Misalnya, apakah calon nasabah memiliki tanggungan keluarga atau tidak. Pertanyaan seperti ini akan membantu agen asuransi untuk mengarahkan daftar asuransi mana saja yang akan cocok dengan kebutuhan calon nasabah.

Jangan Terlalu Cerewet

Ingat, calon nasabah enggan dituntut dengan keterangan terlampau kompleks dan banyak. Oleh karenanya, berikan penjelasan yang cukup singkat sesuai dengan apa yang calon nasabah butuhkan.

Jadi, jika kamu ingin sukses bersama perusahaan asuransi yang kamu jual, kamu perlu memiliki semangat yang tinggi, pandai dalam memilih target market, memiliki pengetahuan mengenai asuransi yang akan dijual, dan jangan lupa untuk selalu bijak dalam mengambil keputusan, baik bagi nasabah maupun bagi dirimu sebagai agen asuransi. Sekian dari saya, dan selamat mencoba!

Pinjol

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Cara Menawarkan Asuransi Kepada Orang yang dipublish pada di website Pinjol

Artikel Terkait